Komitmen Kawani Herbal Berbagi Manfaat dengan Menjual Produk Halalan Thayyiban

Tren penggunaan herbal di Indonesia turut berdampak terhadap bisnis yang dikelola oleh Mas Imam. Beliau menuturkan, Kawani sudah berdiri sejak lama namun semakin berkembang seiring dengan banyaknya minat masyarakat terhadap herbal. Dalam menjalankan bisnisnya, Mas Imam ingin bisa berbagi banyak manfaat kepada masyarakat yakni dengan menyediakan produk halalan thayyiban. Dengan demikian, beliau ingin Kawani tidak hanya mengejar keuntungan tetapi juga bisa bermanfaat untuk orang banyak.

 

Awal Mula Perjalanan Kawani Herbal

Kawani Herbal sudah berdiri sejak tahun 2000-an sehingga saat ini sudah memasuki usia puluhan tahun. Meski begitu, peresmian PT. Kawani Barokah Internasional baru dimulai September tahun 2018. Mas Imam bercerita bahwa Kawani Herbal dirintis oleh pamannya yang sudah meninggal, sehingga beliau diamanahi untuk menjadi Direktur Utama dan mengelola Kawani Herbal. 

Perjalanan Kawani Herbal semakin menanjak seiring dengan tren penggunaan herbal oleh masyarakat. Mas Imam menuturkan, awalnya Kawani hanya untuk memenuhi permintaan produsen-produsen herbal. Selain itu, Kawani juga menyediakan jasa maklon. Dari sana, Mas Imam melihat prospek pemasaran produk herbal secara retail cukup bagus sehingga memutuskan untuk menjual produk secara retail pula. 

 

Kawani, Pilih Fokus Produk Kesehatan Demi Kebermanfaatan

Komitmen Kawani Herbal Berbagi Manfaat dengan Menjual Produk Halalan Thayyiban

Selaku pengelola, Mas Imam ingin brand yang beliau kelola bisa memberikan dampak untuk masyarakat. Itu sebabnya, beliau membangun value perusahaan yakni dengan menjual produk sunnah. Produk sunnah identik dengan produk yang menggunakan bahan-bahan yang disebutkan dalam Al Quran dan hadits, seperti madu, zaitun, dan habbatussauda. Produk ini telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Maka dari itu, Mas Imam ingin produk yang beliau jual bisa bermanfaat dan membawa berkah untuk konsumen.

 

Pentingnya Makanan Halalan Thayyiban

Menurut Mas Imam, kita harus bersyukur atas nikmat iman Islam karena dalam agama Islam telah mengajarkan banyak hal secara detail untuk kehidupan, termasuk perihal makanan. Dalam Islam, kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang halalan thayyiban. Artinya, apa yang kita konsumsi sebaiknya bukan hanya halal tetapi juga baik untuk tubuh. Itu sebabnya, Mas Imam berusaha menjual produk yang halal dan baik untuk tubuh, misalnya madu dan zaitun. Keduanya juga merupakan bahan alami yang disebutkan dalam Alquran dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, beliau juga menggunakan bahan baku berkualitas demi kualitas produk  yang baik. 

Baca Juga:  TANGKIS, Kolaborasi Evermos - Pemkot Bandung Bangkitkan UMKM Lokal

 

Sebar Manfaat dengan Edukasi ke Masyarakat

Mas Imam bersama Kawani Herbal ingin menjunjung tinggi kebermanfaatan. Misalnya dengan membuka sistem reseller sejak pandemi dan kemudian bergabung menjadi vendor di Evermos. Selain itu, Mas Imam juga mengadakan edukasi mengenai cara mengikuti sunnah rasul dengan cara yang simpel yakni dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang halalan thayyiban. Tak kalah menarik, beliau juga mengadakan program di 20 hari awal Ramadhan dengan bekerja sama dengan NGO Palestina di wilayah Jabodetabek. Mas Imam mengungkapkan bahwa ada kedekatan antara zaitun dengan Palestina karena zaitun terbaik berasal dari negeri Syam yang mana Palestina termasuk ke dalam negeri Syam. Beliau ingin mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk bisa merasakan keberkahan zaitun dengan cara mengkonsumsi zaitun. 

 

Kuatkan Internal Demi Kesuksesan Bisnis

Komitmen Kawani Herbal Berbagi Manfaat dengan Menjual Produk Halalan Thayyiban

Menurut Mas Imam, jika ingin pihak eksternal kuat berarti tim internal Kawani harus kuat dulu. Beliau sering mendatangkan konsultan untuk memberikan edukasi kepada tim internal. Selain itu, beliau berusaha untuk mendisiplinkan tim internal untuk turut mengkonsumsi madu dan zaitun secara rutin. Beliau ingin tim internal benar-benar merasakan manfaat produk tersebut. Dengan begitu, edukasi yang diberikan ke masyarakat benar-benar telah dirasakan oleh tim internal, bukan hanya sebatas teori. Sesuai ajaran rasul, menasehati dengan hati akan diterima juga dengan hati. Maka dari itu, Mas Imam ingin tim internal juga memiliki rasa kecintaan dan dekat dengan rasul sehingga akan lebih mudah pula untuk menarik konsumen untuk mengkonsumsi produk Kawani. 

Selain menjaga tim internal, Mas Imam juga berusaha untuk menjaga kepercayaan konsumen. Beliau berusaha untuk memberikan produk berkualitas dan pelayanan terbaik. Tak hanya itu, Kawani juga menyediakan layanan retur untuk produk yang rusak atau bermasalah lainnya. Bahkan, Kawani langsung mengirim produk pengganti sebagai bentuk permintaan maaf kepada konsumen jika ada barang yang rusak atau pelayanan yang tidak sesuai SOP. Selain itu, untuk menjamin mutu dan kualitas produk, Mas Imam selalu melakukan pengecekan berkala di laboratorium setiap 6 bulan untuk bahan baku yang digunakan. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah kandungan  di dalamnya masih bagus atau tidak. 

Baca Juga:  Kerja Keras Mas Ali Bangkit dari Keterpurukan Hingga Mengembangkan Ziyana Hijab

 

Menghadapi Tantangan Perbedaan Kurs dan Kebijakan Pemerintah

Mas Imam mengungkapkan, bahan untuk produk Kawani sebagian besar impor sehingga sangat dipengaruhi oleh perubahan kurs. Ketika kurs naik berarti harus rela keuntungan tipis sebab Kawani tidak memungkinkan untuk tiba-tiba menaikkan harga. Produk Kawani menggunakan bahan yang berkualitas sehingga harga jualnya pun juga lumayan tinggi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena adanya keterbatasan daya beli masyarakat. Selain itu, kebijakan pemerintah juga bisa berpengaruh terhadap penjualan. Misalnya, ketika pandemi Covid-19, Kawani tidak bisa maksimal menjual produk secara offline sehingga memutuskan bergabung menjadi vendor di Evermos dan setelahnya merasa sangat terbantu karena omzetnya kini meningkat kembali sebab dapat berjualan secara online melalui Evermos

 

Jadilah Brand yang Bermanfaat

Mas Imam menjunjung tinggi ajaran Islam bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Maka dari itu, beliau berusaha supaya Kawani tidak hanya mencari keuntungan tetapi juga berbagi manfaat dan keberkahan kepada masyarakat. Beliau juga ingin mengajak masyarakat untuk bisa menerapkan sunnah rasul dengan mudah dengan cara mengkonsumsi produk yang sesuai sunnah rasul. Beliau ingin, semakin banyak masyarakat yang bisa melaksanakan sunnah dengan mengkonsumsi produk Kawani.

Mas Imam juga mengungkapkan, beliau ingin Kawani dipandang sebagai brand yang berkualitas dan memiliki pelayanan yang baik. Pasalnya, suatu brand yang memiliki produk berkualitas tetapi pelayanannya buruk membuat customer akan sulit untuk repeat order, begitu pun sebaliknya. Tak hanya itu, Mas Imam juga ingin masyarakat Indonesia bisa menikmati produk herbal yang halal dan baik dari produk Kawani. Sesuai pengalamannya dalam berbisnis, beliau juga berbagi tips bisnis bahwa saat membangun brand jangan hanya untuk mencari keuntungan tetapi juga ada nilai manfaatnya. Seperti Kawani Herbal yang memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat.

Bagikan :

Artikel Terbaru
Artikel Terkait
Evermos
Evermos HQ

Jl. Ir. H. Juanda No.95, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Website ini merupakan bagian resmi dari  Evermos.com

Informasi Lainnya

Download Aplikasi

Evermos
Evermos HQ

Jl. Ir. H. Juanda No.95, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Tentang Kami

Informasi Lainnya

Download Aplikasi

Website ini merupakan bagian resmi dari  Evermos.com