SYMA. merupakan bags and carry goods brand yang berasal dari Bandung. Perjalanan SYMA. dimulai dari keresahan owner SYMA., Hasbi Erlangga dan Yordan Admiral yang ingin memiliki tas sesuai dengan kebutuhannya dengan harga terjangkau. Bermula dari tahun 2013, Hasbi Erlangga dan Yordan Admiral yang baru memulai kerja sebagai freelancer setelah lulus sebagai Sarjana Desain Komunikasi dan Visual (DKV) membutuhkan tas untuk mobilitas kerja dengan kapasitas yang cukup besar dengan harga yang terjangkau. Saat itu, belum terlalu banyak tas brand lokal yang sesuai dengan keinginan beliau, kalaupun ada yang memenuhi kebutuhan mereka itu berasal dari brand internasional yang harganya terbilang lumayan mahal. Sejak itu, mereka sepakat untuk mendirikan usaha tas lokal dengan desain simple dan harga terjangkau.
Sempat Vakum, Usaha Hasbi Bangkit Lagi dengan Kualitas Lebih Baik
Awal berdiri, Hasbi dan Yordan belum terlalu banyak riset produk. Mereka membuat produk berdasarkan kebutuhan dan analisa pasar di sekitarnya. Awal berdiri, keduanya menjual dua tas jenis tas yaitu backpack dan waist bag. Backpack untuk kebutuhan dengan kapasitas besar dan waist bag untuk kebutuhan sehari-hari. Usahanya berjalan dengan lancar namun sempat vakum pada tahun 2016. Pada 2020, Hasbi dan Yordan mulai melanjutkan usahanya lagi dengan re-launching produk baru dengan kualitas lebih baik.
Hasbi mengungkapkan, produk baru menggunakan material yang berbeda dengan yang sebelumnya. Selain itu, dari segi desain, produk baru cenderung bertema monokrom, sedangkan yang dulu bisa campuran dari berbagai warna. Pada desainnya, tas dari SYMA. juga tidak terlalu menonjolkan logo brand. Ini juga yang menjadi salah satu unique selling point (USP) dari produk SYMA. yang cukup menarik orang-orang yang memang tidak terlalu suka produk dengan logo brand mencolok. Selain itu, desain tas yang dibuat juga cenderung netral sehingga bisa dipadupadankan dengan berbagai outfit.
SYMA. Bag, Berusaha Memberikan Kontribusi untuk Kebaikan Bersama
SYMA. diambil dari kata dalam bahasa Sunda yang berarti memancarkan energi positif. Kata ini mencerminkan keyakinan Hasbi dan Yordan bahwa desain dan keterampilan sangat penting dalam produk mereka, karena keduanya mengekspresikan jati diri mereka. Melalui SYMA., Hasbi berharap dirinya dan partner bisa menginspirasi pelanggan untuk mengeluarkan kreativitas, produktivitas, dan potensi mereka. Beliau juga berharap, SYMA. bisa memberikan kebaikan untuk bersama.
Tagline ‘Play Your Part’, Berikan Dampak Positif Sesuai Peran Masing-masing
Hasbi mengungkapkan, dirinya tidak menyangka bahwa produk SYMA. lumayan menjadi banyak perbincangan di banyak kalangan. Hal ini membuktikan bahwa produk SYMA. cukup diminati oleh konsumennya. Selain itu, Hasbi juga tidak menyangka jika SYMA. menjadi salah satu destinasi yang Popeye Magazine ketika berkunjung di Indonesia. Majalah Popeye merupakan salah satu majalah fesyen tertua di Jepang. Bukan hanya dikunjungi saja, bahkan mereka juga mengajak SYMA. berkolaborasi untuk mengeluarkan koleksi produk yang terdiri dari backpack, sacoche, hanging wallet dan lanyard wallet. Untuk projek kolaborasi ini, Popeye Magazine dan SYMA. berbagi tugas dan peran. Popeye Magazine bertanggung jawab untuk handle pemesanan dan pembayaran produk dari customer, sedangkan SYMA. bertanggung jawab untuk memproduksi seluruh produk dari projek kolaborasi ini. Tak hanya itu saja, SYMA. berkolaborasi dengan Kelas Pagi – sebuah komunitas fotografi berbasis edukasi yang diinisiasi oleh Anton Ismael, yang memberikan akses pembelajaran kepada semua orang dengan memanfaatkan pendekatan yang demokratis.
Selain merasakan dampak di atas, Hasbi juga mengaku SYMA. bisa memberikan dampak positif untuk lingkungan eksternal SYMA. Hasbi mengungkapkan, keberadaan SYMA. diharapkan bisa memberikan dampak positif untuk lingkungan. Selaras dengan tagline ‘Play Your Part’ yang berarti setiap dari kita memiliki peran ing-ing dalam kehidupan ini. Kita harus yakin bahwa kita memiliki peran penting di dunia, meski hanya kecil. Hasbi meyakini adanya istilah butterfly effect yang bermakna bahwa setiap tindakan kecil pasti memberikan dampak yang lebih besar jika semua orang menerapkan hal demikian pula.
Cara SYMA. Bag Menjaga Trust Customer: Memberikan Pelayanan yang Baik
Pelayanan menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Hasbi menjelaskan bahwa SYMA. memiliki prosedur untuk penanganan komplain produk dari customer. Salah satunya dengan mengganti produk yang rusak tersebut dengan produk baru. Biasanya, customer mengirim langsung produk tersebut ke kantor atau toko SYMA. terlebih dahulu, baru akan dikirim produk gantinya. Namun terkadang ada customer yang ingin produk tersebut cepat diganti, sehingga demi menjaga kepercayaan dan kepuasan customer tersebut, Hasbi dan tim sebisa mungkin memaksimalkan cara agar produknya sampai dengan cepat kepada customer-nya. Hal ini membuktikan bahwa SYMA. berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik untuk customer-nya dan pelayanan after sale-nya. Hasbi berpendapat, kita tidak bisa mengontrol customer, sehingga kita sendiri yang harus mengontrol kualitas produk dan layanan kita dengan memberikan pelayanan terbaik kepada mereka sebagai bentuk antisipasi jika ada komplain negatif yang merugikan bisnis. Selain itu, pedoman penting yang harus dijaga adalah kita berikan yang terbaik kepada mereka dengan menjual produk berkualitas terbaik dan jujur.
Tips Bisnis dari Hasbi: Percaya Diri dan Konsisten
Sebagai pebisnis, percaya terhadap diri-sendiri sangat penting. Selain itu, kita juga perlu percaya dengan orang lain karena ada hal-hal yang memang tidak bisa kita cari solusi sendiri. Berbisnis memang untuk mencari profit dan keuntungan, tetapi kita juga harus bisa memiliki sisi lain yang menjadi penyemangat, misalnya memberikan dampak baik kepada orang lain dengan karya yang kita hasilkan. Kita harus yakin bahwa hal-hal yang awalnya hanya menyenangkan satu orang suatu saat bisa menyenangkan lebih banyak orang. Sebagai pebisnis, kita juga harus konsisten untuk mencapai tujuan bisnis. Jika ternyata strategi kita belum menunjukkan hal baik, kita bisa mencari strategi baru sampai berhasil. Terakhir, dalam pengalaman menjalankan SYMA. sejauh ini peran teman dan sahabat dekat sangatlah penting. Karena mereka adalah pihak pertama yang akan memberikan dukungan dan juga kritikan terhadap semua hal yang kita sedang perjuangkan.
Dalam hal ini, Hasbi dan Yordan beserta tim dari SYMA. lainnya sangat-sangat berterima kasih atas segala bentuk dukungan yang telah diberikan oleh teman-teman maupun pihak-pihak lain yang terkait selama ini.