Di era digital yang semakin maju, media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif bagi bisnis untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Meta, sebagai induk dari platform media sosial terkemuka seperti Facebook dan Instagram, menawarkan berbagai fitur dan alat yang membantu pelaku bisnis, terutama UKM untuk menjangkau audiens target secara lebih tepat, efisien, dan interaktif.
Meski potensi besar telah ditawarkan oleh platform ini, banyak pelaku UKM yang belum memanfaatkan fitur-fitur canggih tersebut secara maksimal. Oleh karena itu, Evermos sebagai platform yang mendukung pemberdayaan UMKM, berkolaborasi dengan Smechub dalam menyelenggarakan acara workshop yang bertema “Strategi & Optimasi Penjualan di Meta: Facebook & Instagram untuk Bisnis”. Acara dilaksanakan pada Rabu, 23 Oktober 2024 di Smesco Indonesia, Jakarta Selatan.
Kolaborasi antara Evermos dan Smeshub ini bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku UMKM dalam meningkatkan kapabilitas mereka. Smeshub sebagai ekosistem business solution untuk UMKM dan generasi muda yang berkelanjutan sekaligus sebagai strategic partner Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam mendukung UMKM agar lebih siap bersaing, sejalan dengan tujuan Evermos. Dalam workshop ini, Everpro, salah satu layanan dari Evermos, memberikan panduan praktis kepada pelaku UMKM mengenai cara memaksimalkan penggunaan Facebook & Instagram sebagai kanal penjualan.
Sebagai pemateri, Erzha Satriadi, selaku Business Operations Specialist Everpro, menjelaskan kepada para pelaku UMKM yang hadir sebagai peserta, bahwa Facebook dan Instagram bukan hanya platform sosial, tetapi juga merupakan ekosistem bisnis yang kuat. Platform ini menawarkan solusi mulai dari pemasaran, penjualan, hingga interaksi langsung dengan konsumen. Beberapa fitur penting yang disoroti, di antaranya Facebook Shops, Instagram Shopping, dan Facebook Ads. Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, UMKM dapat menciptakan pengalaman belanja yang mulus dan relevan bagi para konsumen.
Selama workshop, Erzha Satriadi juga memberikan strategi praktis untuk mengoptimalkan penggunaan Facebook dan Instagram. Peserta diajak untuk memahami langkah-langkah penting untuk membuat toko online di platform Meta, baik Facebook Shops maupun Instagram Shopping, menyusun strategi iklan yang tepat sasaran dengan memanfaatkan Facebook Ads, termasuk cara menentukan target pasar yang relevan dan efektif. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman mengenai bagaimana menganalisis data dan menggunakan insight oleh Meta untuk meningkatkan performa kampanye pemasaran secara berkelanjutan. Selain itu, Tim Evermos juga memberikan pemahaman terkait ESG (Environmental, Social, and Governance) serta melakukan ESG assessment secara menyeluruh kepada para UMKM yang hadir sebagai awareness untuk pengembangan bisnis mereka.
Melalui acara ini, Evermos berharap para peserta memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang cara memanfaatkan fitur penjualan di Facebook dan Instagram untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Selain itu, peserta juga diperkenalkan dengan layanan Everpro yang dapat membantu mengoptimalkan operasional bisnis di platform Meta. Dengan pemahaman yang tepat dan strategi yang efektif, pelaku UMKM diharapkan dapat tumbuh lebih pesat dan mampu bersaing di pasar digital.
Workshop “Strategi & Optimasi Penjualan Produk di Meta” adalah kesempatan berharga bagi pelaku UMKM untuk mempelajari cara mengoptimalkan Facebook dan Instagram dalam meningkatkan penjualan produk. Kolaborasi antara Evermos dan Smeshub ini tidak hanya membantu pelaku bisnis memahami pentingnya digital marketing, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk bersaing di dunia bisnis yang semakin terintegrasi dengan teknologi. Dengan dukungan fitur-fitur Meta dan layanan seperti Everpro, UMKM kini memiliki lebih banyak peluang untuk sukses di era digital.