Perkembangan teknologi memberikan dampak yang luar biasa untuk strategi berjualan atau bisnis. Jualan atau bisnis yang awalnya dilakukan secara offline beralih menjadi jualan online. Itu juga yang dilakukan Kang Asep Saefullah atau disapa Kang Asep. Beliau telah memulai jualan online sejak tahun 2012. Saat itu, produk yang dijual masih beragam hingga akhirnya memutuskan fokus untuk jualan produk mukena dengan brand Yumna untuk Bisnis dan Berbagi Manfaat.
Melalui bisnisnya, Kang Asep berhasil memberikan dampak untuk banyak orang, baik internal maupun eksternal Yumna. Selain itu, beliau juga sering mengadakan pelatihan mengenai bisnis online. Beliau berharap, melalui Yumna, ia bisa memberikan banyak manfaat untuk banyak orang.
Perjalanan Brand Yumna: Bisnis dan Berbagi Manfaat
Kang Asep telah menjalani bisnis online sejak tahun 2012. Beliau mengaku belajar sendiri mengenai digital marketing dan SEO untuk mendukung aktivitasnya berjualan online. Karena bingung menjual produk apa, beliau memutuskan untuk menjual berbagai jenis produk dan jasa. Setelah berjalan lama, hasil penjualan menunjukkan bahwa produk mukena memiliki tingkat penjualan yang paling menonjol. Dari situ, Kang Asep memutuskan untuk fokus menjual mukena.
Sejak tahun 2014, Kang Asep mulai fokus berjualan mukena meski belum menggunakan brand Yumna. Saat itu, beliau mengaku berjualan dengan mengambil produk dari orang lain atau dikenal dengan sistem reseller. Penjualan dilakukan secara online melalui Facebook, Instagram, dan sebagainya. Semakin lama, tingkat penjualan semakin meningkat sehingga beliau memutuskan untuk memproduksi mukena sendiri dengan sistem maklon dan menggunakan brand Yumna sejak tahun 2016.
Nama brand Yumna terinspirasi dari nama anak Kang Asep yang juga memiliki arti kebaikan. Dengan begitu, harapannya Yumna bisa memberikan kebaikan untuk orang-orang yang terlibat, baik karyawan maupun konsumen. Saat ini, Kang Asep juga merintis bisnis fashion dan sedang berusaha untuk menemukan nama brand baru untuk bisnis fashionnya.
Dampak Yumna untuk Masyarakat
Melalui Yumna, Kang Asep telah berhasil memberikan banyak sekali dampak untuk internal maupun eksternal Yumna. “Alhamdulillah, kita bisa memberikan kebermanfaatan untuk banyak orang, termasuk warga Tasikmalaya yang ingin usaha/jualan,” ungkap beliau. Kang Asep juga mengungkapkan, Yumna telah memiliki lebih dari seribu reseller, termasuk mitra dan UMKM yang tergabung. Sistem reseller ini sangat bermanfaat karena bisa membantu banyak orang untuk usaha dan bisnis sehingga sangat membantu untuk perekonomian mereka.
Tak hanya itu, Kang Asep bersama Yumna juga sering mengadakan pelatihan bisnis online. Pelatihan dilaksanakan di berbagai wilayah Tasikmalaya dengan bekerja sama dengan warga sekitar. Beliau memberikan edukasi kepada wirausaha muda mengenai strategi jualan online. Beliau mengaku, sebenarnya Yumna memiliki tim khusus untuk training dan edukasi. Tim khusus menangani training online, sedangkan Kang Asep menangani training offline. Di samping itu, beliau juga memanfaatkan acara pelatihan untuk promosi Yumna.
Kang Asep juga mengungkapkan bahwa Yumna sudah bergabung dari awal pembukaan Evermos yakni sekitar tahun 2018. Melalui ini, beliau berharap semakin banyak orang yang bisa memperoleh manfaat dari brand Yumna. Bahkan, beliau juga berusaha mengadakan acara yang bersama Evermos untuk memberikan kebermanfaatan kepada para santri. Harapannya, hadirnya Yumna bisa memberikan banyak manfaat untuk orang-orang di sekitarnya..
Strategi Menjaga Kepercayaan Ekosistem Yumna
Sebagai owner, Kang Asep berusaha untuk menjaga kepercayaan konsumen maupun reseller dengan cara menjaga pelayanan. Baginya, pelayanan menjadi faktor penting dalam keberlangsungan suatu bisnis. Beliau menjamin produk Yumna tidak ada yang cacat. Kalaupun ada produk cacat, beliau akan bertanggung jawab dengan memberikan solusi, misalnya dengan mengganti barang dan ongkirnya akan ditanggung.
Kang Asep juga berusaha menjaga internal Yumna dengan memberikan akses informasi dengan sebaik-baiknya. Beliau berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk para reseller dengan memberikan promo, contoh produk, dan bahan konten untuk mereka promosi. Strategi tersebut terbukti efektif dengan jarangnya Yumna menerima komplain.
Tantangan Kang Asep Sebagai Entrepreneur
Sebagai entrepreneur, Kang Asep mengaku tantangan terberatnya adalah konsistensi dan komitmen. Beliau mengungkapkan bahwa setiap usaha pasti naik turun. Adanya halangan dan kendala juga harus dijalani dan dicarikan solusinya. Baginya, halangan dan kendala memang harus dinikmati karena bagian dari proses dalam berbisnis. Tantangan lainnya adalah manajemen waktu. Manajemen waktu harus diperhatikan dengan sebaik mungkin untuk keluarga, bisnis, maupun kepentingan lainnya. Meski begitu, Kang Asep mengaku sangat senang karena usahanya sangat didukung oleh keluarga, bahkan istrinya juga turut berkontribusi dalam hal desain dan finance.
Harapan dan Tips Bisnis dari Kang Asep
Dalam menjalankan bisnisnya Kang Asep pasti memiliki harapan. Beliau berharap, Yumna bisa menjadi brand mukena yang banyak dicari di Indonesia dan internasional. Harapannya, Yumna bisa tersedia di minimal lima negara. Beliau ingin, semakin banyak orang yang menggunakan perlengkapan ibadah dari brand Yumna.
Kang Asep juga memiliki tips bisnis untuk pebisnis pemula maupun orang-orang yang ingin mendirikan bisnis. Menurutnya, jika ingin bisnis sebaiknya langsung saja mulai. Produk bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu. Selain itu, pebisnis juga harus memikirkan ingin sebesar apa bisnis yang dijalankan. Pebisnis juga bisa mencari partner untuk menunjang usaha, misalnya kerja sama dengan Evermos. Dalam periode tertentu, daya ungkit suatu bisnis akan bisa dinilai. Menurut Kang Asep, jika ingin bisnis yang penting adalah berani memulai dan harus melihat target marketnya bagaimana.
Baca berita terbaru, informatif dan inspiratif lainnya di Evermos Impact.