Bocil Inc bukan sekedar bisnis, tetapi juga cerminan dari semangat Litha untuk memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia. Berawal dari rasa ingin tahu, hobi, dan cita-citanya, serta latar belakang keluarganya yang berwirausaha, akhirnya Litha berani untuk memulai usaha. Berawal kerja keras dari awal, ia memulai Bocil Inc ketika masih kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), jurusan Teknologi Pendidikan.
Sejak kecil, Litha sudah terbiasa berdiskusi dengan orang tua tentang cita-citanya dan pendidikan. Ia memiliki ketertarikan di dunia pendidikan, bukan sebagai guru tetapi ingin menjadi seorang konseptor, pengembang, dan inovator media pembelajaran. Memiliki gagasan tentang pendidikan yang tepat guna, Litha menciptakan berbagai produk media pembelajaran dari bahan bekas percetakan milik orang tuanya yang kini berada di gudang keluarga.
Awal Mula Bocil Inc: dari Gudang Percetakan Hingga Media Pembelajaran Inovatif
Memasuki semester tiga kuliah, Litha mulai mewujudkan mimpinya melalui Bocil Inc. Saat itu, ia memanfaatkan alat bekas percetakan milik ayahnya di gudang sebagai tempat bereksperimen. Ia memanfaatkan bahan-bahan dan alat bekas percetakan yang ada di sana untuk membuat media pembelajaran yang ia beri nama pop-up kit, media belajar yang dapat membantu anak-anak memahami berbagai konsep dengan cara interaktif.
Dengan semangat berwirausaha, Litha mulai memasarkan produknya dengan memanfaatkan berbagai komunitas dan acara volunteer sebagai wadah untuk mengenalkan pop-up kit. Keseriusan dan ketekunannya dalam mengembangkan produk ini menjadi fondasi awal bagi lahirnya Bocil inc, yang kini menjadi bisnis penyedia edukatif yang kreatif dan berdampak positif.
Bocil Inc: Mengenalkan Beragam Cita-cita kepada Anak-anak
Melalui Bocil Inc, Litha memiliki misi untuk membuka wawasan anak-anak tentang beragam cita-cita yang dapat mereka kejar. Tidak hanya memperkenalkan profesi umum seperti dokter, pilot, atau polisi, Bocil Inc ingin anak-anak memahami bahwa ada banyak pilihan karir dan peran dalam masyarakat. Melalui media pop-up kit yang interaktif dan program Bocil Warrior, Bocil Inc mengajak anak-anak untuk berpetualang sambil belajar mengenai pekerjaan-pekerjaan yang mungkin belum pernah mereka dengar dan tahu.
Setiap pop-up kit dirancang dengan tema tertentu yang mengedukasi anak-anak tentang berbagai profesi dan cara kerja di baliknya. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan edukatif, Bocil Inc berharap dapat membantu anak-anak mengenal berbagai profesi sambil mengasah keterampilan penting seperti kreativitas, kepercayaan diri, dan kemampuan problem solving. Konsep ini membuat Bocil Inc menjadi wadah bagi anak-anak untuk mengeksplorasi impian mereka tanpa batasan, mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa depan dengan wawasan yang lebih luas.
Konsistensi dalam Membangun dan Mengembangkan Bocil Inc
Ketika menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan usahanya, Litha tetap berusaha teguh pada prinsip “power of why”. Berbekal pengalamannya di masa kecil yang dekat pendidikan, ia memiliki motivasi kuat untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif untuk orang-orang. Dengan konsistensi dan komitmen yang kuat, ia terus berusaha menghadirkan produk dan program yang berfokus pada edukasi anak-anak. Melalui Bocil Inc, ia membuktikan bahwa dirinya mampu mewujudkan mimpinya untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan dalam sebuah bisnis yang memang berfokus pada pendidikan.
Strategi Litha Melalui Bocil Warrior: Membangun Kesadaran dan Komunitas untuk Masa Depan Anak
Sebagai bagian dari upayanya untuk mengenalkan dan menyebarkan misi Bocil Inc, Litha berinisiatif membentuk komunitas Bocil Warrior. Bocil Warrior merupakan komunitas volunteer yang terdiri dari individu-individu yang peduli terhadap pendidikan anak dan ingin membantu dalam memperkenalkan berbagai cita-cita kepada generasi muda. Strategi ini memungkinkan Bocil Inc untuk menjangkau lebih banyak anak dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri melalui media pop-up kit serta berbagai aktivitas edukatif lainnya.
Bocil Warrior bertindak sebagai fasilitator dan inspirator, terutama bagi anak-anak SD hingga SMP. Mereka berbagi pengalaman dan wawasan tentang beragam cita-cita, sehingga anak-anak dapat lebih memahami bahwa di dunia ini menawarkan lebih banyak pilihan profesi di luar apa yang sudah mereka ketahui. Litha juga menggandeng mahasiswa dan profesional muda yang telah mencapai impian mereka, untuk berbagi cerita inspiratif dan membangun ikatan emosional dengan orang-orang di komunitasnya.
Selain Melalui Bocil Warrior, Litha juga rutin mengadakan program untuk mengadakan acara edukatif. Litha sering berkolaborasi dengan berbagai brand dan komunitas, seperti Jims Honey dan Taman Mini, dalam menyelenggarakan event edukatif. Strategi Litha melalui Bocil Warrior dan kolaborasi dengan berbagai pihak tidak hanya bertujuan untuk memperluas jangkauan Bocil Inc, tetapi juga membangun kesadaran di kalangan masyarakat tentang pentingnya pendidikan cita-cita sejak dini. Ia percaya bahwa dengan memperkenalkan berbagai cita-cita dalam suasana yang kreatif, anak-anak akan lebih terdorong untuk mengejar impian mereka, sementara para orang tua bisa melihat potensi anak dengan perspektif yang lebih luas.
Litha: Mengembangkan Peluang Bisnis Selain Bocil Inc
Litha menyadari usahanya di Bocil Inc pasti mengalami naik turun. Oleh karena itu, ia menjalankan bisnis lainnya untuk mendukung perjalanan dan keberlanjutan finansialnya. Sebagai pengusaha kreatif dan inovatif, Litha memanfaatkan berbagai peluang di luar Bocil Inc untuk terus berkembang dan memperluas portfolio bisnisnya. Ia mencoba berbagai bisnis lain, seperti menjual bocil planner dan merchandise kreatif serta mengelola bisnis event kit specialist, yang mana ia menyediakan paket-paket acara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien, misalnya acara ulang tahun anak hingga perusahaan.
Selain itu, Litha juga menjadi konsultan pendidikan dan perencana keuangan untuk orang tua agar mereka dapat mempersiapkan pendidikan secara lebih dini dan tepat. Bukan hanya itu saja, ia juga menjadi content creator yang mana sering kali juga mendapat kerja sama dengan brand. Menjadi content creator juga sekaligus untuk memperluas pengaruh pengaruh Bocil Inc.
Tips Bisnis dari Litha untuk Pengusaha Muda
Sebagai pengusaha, ada banyak pengalaman yang bisa Litha bagikan untuk sesama pengusaha ataupun mereka yang baru ingin memulai membangun usaha. Beberapa tips darinya di antaranya percaya diri dan percaya pada proses. Jangan ragu untuk memulai, kita harus husnudzon dan tawakal. Selain itu, kita juga harus fokus pada keseimbangan dan manajemen keuangan. Litha meyakini bahwa ada banyak pengusaha yang gagal karena belum bisa mengelola keuangan dengan baik sehingga penting bagi seorang pengusaha untuk bisa mengelola keuangan dengan baik.
Kemudian, tentukan pondasi yang kuat. Litha menekankan pentingnya membangun pondasi yang kokoh sebelum melangkah lebih jauh, baik dari segi visi, misi, maupun rencana keuangan. Kemudian, jangan terlalu mandiri. Menurutnya, seorang pengusaha harus tetap membuka diri untuk berkolaborasi dan menerima dukungan dari orang lain, tentunya tetap dalam perhitungan yang cermat. Jangan sampai justru malah bikin usaha maupun finansial kita berantakan.