Permasalahan sampah makanan sudah menjadi isu global yang patut diperhatikan dalam beberapa tahun terakhir, khususnya Indonesia. Salah satu penyumbang besar sampah adalah para pelaku bisnis, salah satunya bisnis kuliner. Para brand owner bisnis kuliner harus mencari solusi untuk mencegah dan mengelola limbah makanan yang mereka hasilkan dari bisnisnya. Menyikapi hal tersebut, Evermos sebagai platform social commerce yang juga peduli terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat berkolaborasi dengan Dekranasda Jawa Barat berusaha mengajak para brand owner bisnis kuliner agar lebih bijak dalam mengelola limbah produk mereka.
Dekranasda merupakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut. Salah satu upayanya dengan melaksanakan agenda rutin setiap hari Rabu yang dinamakan Rabu Ngelmu, sebuah kegiatan dengan berbagai topik yang bertujuan meningkatkan keterampilan anggotanya. Pada agenda Rabu Ngelmu kali ini, Evermos berkesempatan untuk hadir dan melaksanakan program Story of Us Chapter 9 yang bertema ‘Bijak Kelola Limbah Makanan pada Bisnis Kuliner’. Kegiatan ini bertempat di Gedung Dekranasda Jawa Barat, Bandung pada 15 Mei 2024.
Melalui kegiatan ini, Evermos berusaha memfasilitasi para brand owner bisnis kuliner untuk saling berdiskusi mengenai cara meminimalkan limbah makanan dan bagaimana cara mengelolanya yang tepat. Evermos mengundang Vanessa Letizia, yang merupakan Executive Director Greeneration Foundation untuk hadir dan memberikan insight dari salah satu NGO (Non Governmental Organization) yang fokus pada isu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Selain itu, hadir pula Ghea Anisa selaku Serial Entrepreneur yang memiliki bisnis kuliner untuk membagikan pengalamannya dalam mengelola limbah makanan selama ini.
Melalui kegiatan ini, Evermos berharap para brand owner bisa mendapatkan wawasan baru mengenai pengelolaan limbah makanan yang tepat. Dengan begitu, mereka dapat memberikan dampak positif tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga kemajuan bisnis.