Brand Story Tahuyaki: Hadirkan Inovasi Baru dan Kreasi di Pangsa Kuliner

Muhammad Yogis Tito Alamsyah atau kerap disapa Tito sudah lama bermimpi untuk bisa memiliki dan mengelola bisnis sendiri. Karena itu, pada tahun 2016 tepatnya di tahun terakhir perkuliahannya, Tito yang merasa kurang cocok bekerja kantoran memutuskan untuk mulai merintis bisnis clothing. Kali ini, Evermos akan berbagi brand story Tahuyaki yang dapat menginspirasi para pemilik usaha maupun reseller.

Beberapa tahun pertama, bisnis clothing yang Tito jalankan berjalan cukup sukses, namun sayangnya tidak bertahan lama karena pandemi Covid-19. Di tengah banyaknya brand clothing besar hingga kecil yang terdampak, bisnis yang Tito jalankan turut mengalami kemerosotan penjualan. Melalui berbagai pertimbangan, salah satunya harus menghidupi anak dan istri dengan penghasilan yang lebih stabil, Tito kemudian memutuskan beralih dari bisnis clothing ke kuliner, melihat bisnis ini cukup potensial di masa pandemi. 

Memulai Bisnis Kuliner dengan Mendirikan Kezine Waffle 

Bisnis kuliner pertama yang dijalankan Tito pada tahun 2020 dimulai dengan berjualan waffle kaki lima menggunakan gerobak sewaan. Bisnis ini kemudian dinamai sebagai “Kezine Waffle”. Merintis bisnis baru dari nol tentu tidaklah mudah, namun dengan kegigihannya, Tito berhasil meraup keuntungan yang cukup besar. Ditambah lagi, ia aktif memanfaatkan aplikasi pesan antar makanan yang saat itu sedang ramai dipakai masyarakat Indonesia. 

Event Ramadhan di Yogyakarta Jadi Titik Balik dalam Berbisnis Brand Story Tahuyaki

Meskipun penjualan Kezine Waffle secara online terbilang sukses, namun Tito melihat penjualannya secara offline masih cukup sepi. Karena itulah, berbagai strategi penjualan dilakukan, termasuk dengan berjualan di salah satu event Ramadhan di Yogyakarta. 

Seperti keberuntungan yang tak terduga, event Ramadhan yang Tito ikuti justru menjadi titik balik dari kesuksesan bisnis kuliner yang ia jalankan. Banyak pembeli yang penasaran dan ingin mencoba Kezine Waffle. Dengan penjualan yang kian meningkat, baik offline maupun online, Tito akhirnya memutuskan untuk mengalihkan toko clothing miliknya menjadi tempat kuliner. 

Keinginan untuk Membangun Dua Bisnis Kuliner Sekaligus

Seperti banyak pebisnis kuliner lainnya, ide dan keinginan Tito untuk membuka brand kuliner kedua kemudian muncul pada tahun 2023. Harapannya, kedua brand makanan yang ia jalankan ini bisa saling menjaga keseimbangan pemasukannya. Namun, tidak ingin gegabah, Tito merasa perlu menemukan ide menu yang masih sepi dijual, namun potensial untuk menarik perhatian para penikmat jajanan. Setelah pencarian panjang, lahirlah menu tahuyaki pertama di Yogyakarta. 

Brand Story Tahuyaki

Inspirasi Dibalik Lahirnya Brand Story Tahuyaki Jogja

Tahuyaki memang menu yang cukup asing di antara deretan jajanan kaki lima lainnya. Ide awal tahuyaki muncul saat Tito sedang membeli takoyaki di salah satu layanan pesan antar makanan online di Yogyakarta. Saat mencicipi takoyaki yang ia beli, muncullah gagasan unik yaitu kolaborasi antara takoyaki dengan tahu. 

Untuk memastikan belum ada yang menjual menu yang serupa, Tito melakukan riset di beberapa platform pesan antar makanan online. Hasilnya, ia mendapati bahwa di Yogyakarta belum ada yang menawarkan konsep ini. Melihat besarnya potensi penjualan, Tito akhirnya membuka brand TahuyakiGo tahun 2023 sembari tetap berjualan Kezine Waffle di tokonya. 

Gigih Menciptakan Rasa Tahuyaki yang Disukai Konsumen 

Berbekal tekad dan kreativitas, Tito mulai bereksperimen menciptakan resep sendiri. Tantangan yang cukup sulit yaitu menemukan rasa saus yang pas untuk menu tahuyaki yang akan dijual. Beruntungnya, ia mendapat bantuan dari teman dan tetangga yang kerap memberikan kritik serta saran yang baik agar rasa tahuyaki cocok di lidah pembeli. Penjualan tahuyaki dimulai dari mengenalkan menu baru ini kepada pelanggan Kezine Waffle. Selain itu, Tito juga tidak sungkan menerima kritik yang membangun dari para pelanggan. 

Lewat Berbagai Strategi, Tito Memutar Otak Agar Selalu Ramai Pembeli

Tito memahami bahwa menjual makanan akan selalu ada naik turunnya, terkadang profit, di lain hari bisa sangat sepi oleh pembeli. Karena itu, berbagai strategi dilakukan, mulai dari mengajak kerja sama influencer makanan untuk melakukan promosi, menyediakan menu paketan dengan harga yang lebih murah, hingga mengadakan promo potongan harga kepada pelanggan dengan syarat promosi di media sosial. 

Cara Tito Mengelola Tantangan dalam Berbisnis 

Tantangan dalam bisnis kuliner tentu juga Tito rasakan, mulai dari membagi waktu berjualan dan waktu bersama keluarga, hingga tantangan menyiapkan pesanan yang rasa dan pelayanannya sesuai harapan pelanggan. Tetapi, Tito selalu berupaya untuk mengatasi tantangan tersebut dengan sebaik mungkin.

Misalnya, melalui ulasan dan rating dari pelanggan, baik itu positif maupun negatif, ia jadikan sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas usahanya. Selain itu, ketika ada kesalahan pesanan yang tidak disengaja, Tito secara sigap menghubungi pelanggan untuk mengantarkan langsung ke lokasi pelanggan. Menurutnya, komunikasi yang baik dengan pelanggan sangatlah penting. Dengan begitu, pada akhirnya berbagai tantangan bisa diatasi dengan baik. 

Harapan untuk Buka Cabang Tahuyaki yang Lebih Banyak

Melalui perjalanan panjang Tito merintis bisnis dari clothing brand di tahun 2016 hingga sukses menjalankan bisnis kuliner hingga tahun 2025 ini, ada banyak harapan yang Tito miliki kedepannya. Salah satu harapan terbesar Tito yaitu bisa membuka cabang TahuyakiGo yang lebih banyak di kota Yogyakarta. Selain itu, ia juga berkeinginan untuk membuka cabang Tahuyaki di kota Bandung, mengingat menu ini termasuk inovasi yang unik dan digemari pecinta jajanan. Dengan mendirikan banyak cabang TahuyakiGo, ia juga bisa membuka peluang pekerjaan bagi orang-orang. 

Tiga Kiat Sukses Dibalik Kisah Inspiratif  Tahuyaki Jogja untuk Para Calon Pengusaha

Ketika ingin memulai sebuah bisnis tiga kiat utama yang diperlukan yaitu fokus, mental, dan keberanian. Menurut Tito, keterbatasan modal bukan menjadi penghalang bagi para calon pengusaha yang ingin merintis sebuah bisnis. Bahkan, Tito sendiri juga bisa membuktikan dengan memulai bisnis kulinernya di kaki lima menggunakan gerobak sewaan. Ketika sudah memiliki niat dan tekad, maka keberanian dan mental yang kuat sangatlah diperlukan. 

Selanjutnya, ketika usaha telah berjalan, Tito menekankan pentingnya fokus dan konsisten pada bisnis. Sebab, ketika sudah ada niat, maka jalannya pasti akan terbuka, dan nantinya akan ada peluang yang menjadi titik balik seseorang untuk bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis. 

 

Untuk selengkapnya terkait berkolaborasi dengan kami, silahkan kunjungi: https://evermos.id/kontak/

Bagikan :

Artikel Terkait

Untuk Ziah: Perjuangan Bu Tini Sembuhkan Anaknya

Kehilangan orang-orang tersayang dengan begitu cepat tak pernah terbayangkan di hidup Tini Martini (37 tahun) sebelumnya. Dia telah kehilangan anak pertamanya karena sakit 10 tahun lalu. 6 tahun kemudian, suaminya meninggal karena penyakit yang jantung yang diderita. Kini hanya ada Siti Fadhillah (7 tahun) yang akrab disapa Ziah bersamanya. Ia tak mau kehilangan satu-satunya orang

Selengkapnya »
Toko Service HP Pak Agus

Toko Service HP untuk Pak Agus, Pejuang Penyintas Tumor Kaki

Toko Service HP Pak Agus – Namanya Agus Sofian (33th), ia adalah pria asal pedalaman Sumatera Barat yang memutuskan merantau ke Pulau Jawa untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Ia merantau membawa keluarganya, yakni seorang istri, anak, dan keponakan. Meskipun kehidupan kota begitu  keras , dengan segala keterbatassanya Pak Agus tak letih untuk berjuang tanpa

Selengkapnya »
Rumah Tahfidz Permata

Rumah Tahfidz Permata : Hari Santri, Bangun Ekonomi Negeri

Sejak tahun 2015, Hari Santri diperingati tiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22. Dalam peringatan Hari Santri tahun ini, Evermos turut  mengenang perjuangan dan teladan jihad para santri Rumah Tahfidz Permata dengan menyelenggarakan acara Kajian dan Doa bertemakan, “Peran Santri Dalam Memajukan Kesejahteraan Bangsa”. Materi Kajian dibawakan langsung oleh Dr. KH. Abdul Ghofur

Selengkapnya »
Evermos
Evermos HQ

Jl. Ir. H. Juanda No.95, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Website ini merupakan bagian resmi dari  Evermos.com

Informasi Lainnya

Download Aplikasi

Evermos
Evermos HQ

Jl. Ir. H. Juanda No.95, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Tentang Kami

Informasi Lainnya

Download Aplikasi

Website ini merupakan bagian resmi dari  Evermos.com