Berinovasi Membuat Brownies Barangan, Hingga Berdayakan Para Petani Pisang Barangan

Memiliki latar belakang hobi dan sekolah masak mendorong Teh Yulia untuk membangun sebuah bisnis di bidang kuliner dengan brand Vanissa Kitchen. Tak hanya sekedar bisnis, beliau juga ingin karya masakannya bisa memiliki ciri khas dan keunikan dibandingkan kompetitor lainnya. Melalui bisnisnya, Teh Yulia ingin bisa menunjukkan bahwa Medan memiliki oleh-oleh khas yaitu Brownies Barangan, yang menggunakan bahan baku Pisang Barangan yang hanya tumbuh di daerah Sumatera. 

 

Bangun Bisnis dari Hobi Memasak

Bakat dan minat Teh Yulia di bidang memasak berhasil menjadi jalan beliau untuk mencari rezeki. Memiliki latar belakang pendidikan sekolah masak dan kue disertai hobi memasak mendorong Teh Yulia untuk membangun sebuah bisnis kuliner. Perjalanan bisnisnya dimulai ketika beliau masih bekerja sebagai pastry di Bali. Saat itu, beliau memiliki usaha sampingan yakni menjual makanan dan kue yang beliau buat sendiri dengan sistem pre-order. Seiring berjalannya waktu usahanya berkembang dan beliau memutuskan membuka usaha Vanissa Kitchen ketika tinggal di Medan. 

Awal merintis Vanissa Kitchen di Medan, Teh Yulia masih menggunakan sistem pre-order. Beliau menjual berbagai produk seperti brownies, minuman, maupun makanan lainnya secara terjadwal agar para konsumen tidak bosan. Promosi melalui media sosial menjadi strategi pilihan Teh Yulia untuk mengenalkan produk tersebut kepada calon konsumen, apalagi saat itu ia belum memiliki banyak kenalan di Medan. Seiring berjalannya waktu, usahanya semakin dikenal orang  dan semakin banyak pula pelanggan. Sejak itu, beliau memutuskan untuk membuat produk yang dijual setiap hari. 

 

Brownies Barangan, Produk Unggulan Vanissa Kitchen

Berinovasi Membuat Brownies Barangan, Hingga Berdayakan Para Petani Pisang Barangan

Saat membangun bisnis, Teh Yulia ingin produknya memiliki ciri khas atau keunikan dibandingkan kompetitornya. Karena itu, beliau memiliki ide untuk memanfaatkan Pisang Barangan, pisang yang hanya tumbuh di daerah Sumatera untuk digunakan sebagai bahan baku brownies, yang kemudian disebut Brownies Barangan. Meski membutuhkan percobaaan berkali-kali dan berdiskusi dengan temannya, akhirnya Teh Yulia berhasil membuat Brownies Barangan yang memiliki rasa coklat sekaligus pisang yang kuat. 

Meski baru launching sekitar 6 bulan, Brownies Barangan saat ini sangat diminati oleh masyarakat Medan maupun orang-orang yang datang ke Medan. Bahkan, produk ini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Medan yang banyak dicari oleh orang-orang yang berkunjung. Saat ini, Brownies Barangan telah dijual di beberapa toko oleh-oleh sehingga penjualan produk tersebut semakin meningkat.  Selain menjual produk Pisang Barangan, Teh Yulia juga menjual berbagai produk makanan lain, seperti kue kering, brownies, dan sebagainya.

 

Strategi Teh Yulia Mempromosikan Produk Vanissa Kitchen

Meski dimulai dari usaha rumah tangga, secara perlahan bisnis Teh Yulia mulai memiliki peminat yang cukup banyak. Beliau memanfaatkan media sosial untuk promosi produk-produk Vanissa Kitchen. Tak hanya itu, beliau juga sering memberikan promo dan harga khusus pada hari atau momen tertentu sebagai salah satu strategi untuk branding dan meningkatkan penjualan, misalnya menjual produk dengan bentuk hampers agar  orang-orang tertarik untuk membeli.

 

Vanissa Kitchen, 1 dari 1.000 UMKM yang Mengikuti Program Fast Track Digitalisasi

Bisnis Vanissa Kitchen merupakan salah satu UMKM yang berhasil mendapat kesempatan untuk mengikuti program Fast Track Digitalisasi (FTD) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Maret 2023. Program ini berjalan selama tiga bulan dan bertujuan untuk melatih para pelaku UMKM agar mampu memahami dan menerapkan digital marketing yang bermanfaat untuk usaha mereka. Pada kesempatan itu, Teh Yulia selaku owner Vanissa Kitchen berhasil mengikuti lolos mengikuti program tersebut setelah melalui proses kurasi yang tidak mudah. Dalam sesi pelatihan, Teh Yulia mempelajari banyak hal seputar digitalisasi UMKM, mulai dari penggunaan aplikasi online, promosi di media sosial, dan mengelola keuangan. Menurut beliau, adanya program tersebut sangat membantu para pelaku UMKM untuk membantu meningkatkan kemampuan mereka dalam berbisnis.

 

Manfaat Bisnis Vanissa Kitchen untuk Tim dan Petani Pisang Barangan

Vanissa Kitchen bukan hanya memberikan manfaat untuk Teh Yulia sebagai owner, tetapi juga karyawan dan petani Pisang Barangan. Melalui bisnis ini, beliau bisa membantu tiga orang yang membutuhkan pekerjaan dengan cara memberikan lapangan pekerjaan, misalnya untuk menjadi kurir yang mengantar produk Vanissa Kitchen, maupun karyawan yang mengurusi bagian produksi. 

Selain itu, berkat usaha Teh Yulia dalam memanfaatkan Pisang Barangan sebagai bahan baku brownies, ada banyak petani Pisang Barangan yang merasa terbantu. Mereka bisa memiliki langganan pembeli yang berkelanjutan dan memberikan harga yang lebih baik dibanding pengepul. Mereka secara rutin dalam dua minggu sekali mengirim pisang ke tempat produksi Vanissa Kitchen dan memperoleh upah saat itu juga. Dengan demikian, keberadaan Vanissa Kitchen memberikan manfaat dari segi finansial maupun relasi bagi owner, karyawan, dan petani Pisang Barangan.

 

Pentingnya Manajemen Waktu Saat Berbisnis

Manajemen waktu menjadi hal penting untuk pelaku usaha. Itu sebabnya, saat awal merintis bisnis, Teh Yulia lebih memilih untuk menggunakan sistem pre-order karena beliau bisa lebih mudah dalam mengatur waktu antara bisnis dan keluarga. Namun seiring berkembangnya bisnis, beliau berusaha sebaik mungkin dalam mengelola waktu agar urusan bisnis dan keluarganya bisa sama-sama beres.

 

Cara Teh Yulia Menjaga Kepercayaan Karyawan

Perjalanan bisnis yang Vanissa Kitchen yang dimulai secara mandiri oleh Teh Yulia, kini berkembang semakin besar dan telah memiliki karyawan. Beliau berusaha untuk memperlakukan karyawan dengan sebaik-baiknya. Tak jarang, beliau juga mengajak karyawannya untuk jalan atau makan bersama untuk membangun bonding yang baik agar berdampak positif pula terhadap bisnisnya. Tak hanya itu, beliau juga berusaha untuk tidak terlalu memposisikan diri sebagai owner tetapi sebagai teman agar para karyawan bisa lebih nyaman dalam bekerja. Meski begitu, beliau berharap karyawannya bisa bekerja dengan profesional.

 

Harapan dan Tips Bisnis dari Teh Yulia

Melalui bisnis Vanissa Kitchen, Teh Yulia ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa pinter, produktif, dan memiliki value. Itu sebabnya, beliau ingin mengajak para perempuan lain untuk produktif dan mau belajar untuk menjadi lebih baik.  Teh Yulia mengaku senang saat bisa berbagi ilmu mengenai masakan kepada orang lain dan mereka bisa memanfaatkan itu untuk membuka usaha. Tak hanya itu, beliau juga ingin bisa menjadi ibu yang membanggakan anaknya dan bisa bermanfaat untuk orang lain. 

Teh Yulia juga berbagi tips mengenai berbisnis. Menurut Teh Yulia, saat memutuskan berbisnis kita harus memiliki tujuan. Tujuan bisnis bukan hanya untuk mencari uang, tetapi juga harus memiliki tujuan lain, misal ingin menonjolkan oleh-oleh khas daerah atau memberdayakan masyarakat sekitar. Selain itu, saat berbisnis kita juga harus bersikap terbuka terhadap segala keluhan, saran, dan kritik dari customer sebagai bahan untuk evaluasi dan perbaikan.

Bagikan :

Artikel Terbaru
Artikel Terkait
Evermos
Evermos HQ

Jl. Ir. H. Juanda No.95, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Website ini merupakan bagian resmi dari  Evermos.com

Download Aplikasi

Evermos
Evermos HQ

Jl. Ir. H. Juanda No.95, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Tentang Kami

Informasi Lainnya

Download Aplikasi

Website ini merupakan bagian resmi dari  Evermos.com