Brand Vienka Skincare lahir dari keresahan Rika Prasetia, sang owner yang melihat makin maraknya penjualan skincare abal-abal yang membahayakan kesehatan kulit penggunannya. Berbekal pengalamannya bekerja sebagai konsultan bisnis di bidang penjualan skincare, seorang diri Rika membangun Vienka Skincare. Selain menjual produk aman dan berkualitas, Rika juga ingin produknya bisa menjangkau seluruh kalangan melalui harga yang terjangkau.
Selain agar perempuan Indonesia dapat merawat kulit dengan skincare aman, Rika Prasetia juga ingin turut andil dalam pemberdayaan perempuan khususnya untuk ibu rumah tangga yang lebih produktif dan berpenghasilan. Karena itulah, melalui sistem reseller, Vienka berhasil membantu meningkatkan perekonomian beberapa perempuan yang tergabung sebagai reseller.
Cerita Berdirinya Brand Vienka Skincare

Rika Prasetia mendirikan Vienka Skincare sejak April 2020. Selain visi dan misinya untuk menghadirkan skincare aman, murah, dan berkualitas, Rika memilih bidang bisnis ini berkat pengalaman 10 tahun terjun di dunia penjualan skincare. Apalagi, penjualan skincare abal-abal memantapkan niat Rika untuk bisa andil membantu perempuan Indonesia melek memilih produk skincare untuk kesehatan kulit wajahnya.
Nama Vienka sendiri berasal dari gabungan nama kedua anak Rika Prasetya. Beliau pun mengaggap Vienka seperti anak ketiga yang ia rawat sepenuh hati. Logo Vienka yang mirip kelopak saffron melambangkan bahwa seluruh produk Vienka mengandung saffron. Saffron merupakan bunga yang kaya antioksidan dan memiliki efek positif untuk kulit, misalnya untuk memperbaiki kulit, mencerahkan kulit, dan memiliki sifat anti inflamasi untuk mengatasi kemerahan serta jerawat. Jadi, produk Vienka ini memang spesial karena seluruh produknya mengandung saffron dan pastinya halal.
Vienka Skincare: Aman dan Murah untuk Perempuan Indonesia
Vienka Skincare berkembang dengan segmentasi pasar khususnya kalangan menengah ke bawah. Rika Prasetia memahami bahwa tidak semua perempuan bisa membeli skincare karena terhalang oleh biaya. Namun, beberapa momen seperti persiapan sebelum menikah meningkatkan keinginan mereka untuk bisa merawat kulit wajah. Karena itu, di tengah keterbatasan budget untuk membeli skincare yang bagus, Rika berharap produknya bisa membantu pelanggan, alih-alih mereka tergiur membeli skincare murah abal-abal dengan kandungan yang membahayakan.
Andil dalam Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Reseller
Selain membantu pelanggan agar bisa membeli skincare aman dengan harga terjangkau, Vienka Skincare juga ingin berkontribusi terhadap pemberdayaan perempuan Indonesia. Bagi Rika, ada banyak peluang bagi perempuan Indonesia khususnya ibu rumah tangga untuk bisa produktif dan memperoleh penghasilan meski di rumah saja. Karena itulah Vienka Skincare menghadirkan program reseller, yang memungkinkan siapapun dengan modal yang terbatas untuk memulai bisnis. Selain itu, keinginan ini juga berangkat dari pengalaman pribadi Rika yang pernah disepelekan orang lain karena keterbatasan modal dalam berbisnis.
Ada banyak kisah sukses yang dialami reseller Vienka, salah satunya yaitu seorang reseller yang awalnya tidak memiliki modal hingga akhirnya bisa meraih profit hingga 8 juta per bulan. Bukan hanya reseller, Vienka juga berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kerja sama dengan para distributor. Sembari berusaha untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan sesama, Rika juga menjalin kerja sama dengan Amal Sholeh dengan menyisihkan beberapa persen dari hasil penjualan untuk para hafidz Qur’an.
Semakin Sukses Setelah Bergabung dengan Evermos
Sukses merintis bisnis skincare dan bekerja sama dengan para reseller Vienka, akhirnya Rika Prasetia memperluas jangkauan bisnisnya dengan bergabung sebagai supplier di Evermos. Keputusan bergabung di Evermos memberikan dampak positif bagi Rika dan Vienka Skincare, mulai dari semakin bertambahnya jumlah reseller Vienka, penjualan yang kian meningkat, hingga semakin dikenalnya Vienka Skincare di kalangan masyarakat. Sebagai bisnis yang masih muda, Rika fokus menargetkan reseller Vienka kepada kelompok ibu rumah tangga dan para perempuan yang baru menikah. Rika berharap dengan bergabungnya Vienka Skincare dengan Evermos bisa mendorong visi dan misinya dalam membangun bisnis skincare.
Tantangan Rika Prasetya Selama Berbisnis
Bukan hanya seorang pebisnis, Rika Prasetia juga memiliki peran sebagai istri dan ibu rumah tangga. Bagi Rika, kesuksesan Vienka Skincare dari awal berdiri hingga saat ini tidak terlepas dari bentuan suaminya. Bersatu sebagai couplepreneur, Rika membagi beberapa urusan bisnis bersama suaminya. Rika bertanggung jawab penuh untuk persoalan pengembangan produk, reseller, hingga memeriksa hal-hal tertentu. Sementara suaminya akan berfokus pada urusan teknis seperti finansial dan penjualan.
Rika bercerita bahwa sebagai couplepreneur tentu menghadapi banyak tantangan. Tantangan yang paling terasa adalah kadang terdapat beda pandangan sehingga mereka harus berkomunikasi untuk menemukan titik tengah. Tantangan lainnya adalah manajemen waktu dan jangan sampai berseteru mengenai pekerjaan di bawa ke rumah. Menurutnya, dalam berbisnis Kita harus tahu bagaimana cara menghandle diri kita sendiri demi kebaikan kita dan bisnis itu sendiri.
Jatuh Bangun Menjalankan Bisnis Vienka Skincare
Bisnis di bidang skincare memiliki resiko tersendiri. Berbagai terpaan isu mengenai kandungan skincare sangat mempengaruhi persepsi dan minat beli masyarakat. Sehingga, tidak sedikit brand skincare yang terdampak harus menghentikan produksi. Beberapa waktu lalu, isu mengenai tidak efektifnya saffron yang direndam, membuat produk face mist dari Vienka yang sebenarnya berkualitas bagus, terkena dampaknya. Akibatnya, produk ini tidak laku di pasaran dan terpaksa harus diskontinu. Namun, kendala tersebut diatasi Rika dengan membuat perencanaan reformulasi yang lebih berkualitas lagi.
Di tengah berbagai terpaan isu yang berdampak pada produknya, tekad Rika Prasetia untuk melanjutkan Vienka Skincare tidak surut. Rika terus fokus menyediakan skincare aman dan berkualitas hingga beberapa produk menjadi best seller setelah di-review oleh influencer ternama. Bahkan, beberapa produk Vienka Skincare juga dinobatkan sebagai produk terbaik untuk kategori tertentu, seperti serum dan face mist. Rika juga tidak patah semangat untuk memproduksi produk baru yaitu Bright and Glow Series.
Harapan Rika Prasetya untuk Vienka dan Perempuan Indonesia
Telah berdiri selama 5 tahun, ada banyak harapan Rika untuk Vienka Skincare kedepannya. Harapan ini tidak terlepas dari visi dan misinya untuk membuat brand skincare murah dan berkualitas. Sehingga, perempuan Indonesia bisa menggunakan skincare aman tanpa harus merusak kulit mereka dengan skincare abal-abal. Dengan harga jual yang terjangkau, Rika berharap perempuan kalangan menengah ke bawah turut bisa membeli skincare. Bagi Rika, prinsip dalam berbisnis yaitu produk Vienka bisa sampai ke banyak orang meskipun untung yang didapat tidak begitu besar.
Rika Prasetia adalah satu dari banyak pemilik brand lokal yang berbagi kisah mereka dalam merintis bisnis. Untuk tahu perjalanan inspiratif dari para pemilik brand lainnya, mari simak di Evermos Impact.