Memutuskan untuk fokus jualan telah menjadi keputusan Teh Ratna sejak kelahiran anak keduanya pada tahun 2017. Beliau bergabung dengan sebuah bisnis dan seiring berjalannya waktu gabung dengan Evermos. Perjalanan bisnisnya di Evermos semakin menanjak ketika beliau mendapat amanah menjadi Koordinator Reseller Indonesia (KORI). Baginya, Evermos sangat memberikan manfaat untuknya, baik dari segi finansial maupun sosial. Karena itu, beliau ingin mengajak orang-orang di sekitarnya untuk bisa gabung dengan Evermos dan memperoleh manfaatnya.
Ketertarikan Teh Ratna untuk Gabung Evermos karena Ikon Evermos
Berjualan online telah menjadi pekerjaan yang digeluti oleh Teh Ratna sejak lama. Beliau bergabung dengan sebuah bisnis namun penjualannya mengalami penurunan karena pandemi Covid-19. Itu sebabnya, beliau berusaha mencari bisnis baru untuk menambah penghasilannya. Tak hanya itu, beliau juga ingin mencari bisnis yang hasilnya bisa segera dinikmati mengingat hasil penjualan dari bisnis sebelumnya baru bisa dinikmati beberapa hari setelah closing berhasil. Keinginan Teh Ratna akhirnya terwujud ketika beliau bertemu dengan Evermos.
Teh Ratna mengenal Evermos ketika melihat iklan di Facebook. Beliau mengaku tertarik dengan ikon Evermos yang terdapat gambar ibu-ibu membawa kucing. Beliau meyakini ikon tersebut memiliki arti yang mendalam dan baginya cukup menarik. Sejak itu, beliau tertarik untuk mencari informasi lebih dalam mengenai Evermos dan memutuskan untuk gabung jadi reseller Evermos pada Februasi 2022. Saat awal gabung, beliau mengaku sangat semangat untuk mengikuti pelatihan demi meningkatkan kemampuan berjualan di Evermos. Meski tidak langsung memutuskan jualan, namun akhirnya beliau memutuskan mulai berjualan ketika Ramadhan dan berhasil memperoleh omset yang cukup besar.
Strategi Jualan Teh Ratna, Perhatikan Kebutuhan Sekitar
Teh Ratna tidak hanya menjual satu jenis produk, tetapi beliau menjual berbagai produk yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitarnya. Sebelum promosi produk, beliau akan memperhatikan tren dan kebutuhan orang-orangnya di sekitarnya. Misalnya, ketika Ramadhan beliau menjual banyak produk mukena dan kebutuhan puasa maupun lebaran, sedangkan ketika musim kenaikan kelas anak-anak, beliau menjual berbagai produk yang dibutuhkan anak-anak, seperti peralatan sekolah dan lain-lain.
Tak hanya itu, sebelum mempromosikan produk, beliau mencoba terlebih dahulu produk tersebut untuk digunakan sendiri. Jika produk recommended, beliau membuat video untuk promosi di media sosial, sedangkan jika produk tidak recommended, beliau akan membuat list produk dan toko mana saja yang sebaiknya dihindari dan di-share ke grup yang beranggotakan para reseller.
Amanah Jadi KORI, Ingin Sukses Bareng Reseller Lain
Omset penjualan Teh Ratna satu bulan pertama yang cukup tinggi membuat beliau dihubungi oleh Pak Wawan, salah satu tim Evermos untuk menawarinya menjadi Koordinator Reseller Indonesia (KORI). Ketika bersedia menjadi KORI, beliau menjalankan tugas pertama yakni mengajak orang-orang di sekitarnya untuk bergabung jadi reseller. Usahanya menunjukkan hasil yang positif dilihat dari jumlah reseller yang gabung, dari yang awalnya hanya 4 orang, kini bisa mencapai lebih dari 20 orang.
Teh Ratna berusaha mengelola anggota reseller di areanya dengan sebaik mungkin. Mereka sering mengadakan pertemuan, baik untuk keperluan penjualan maupun untuk urusan pribadi. Menurut beliau, cara tersebut sangat efektif untuk mengeratkan hubungan dengan para reseller sehingga mereka merasa nyaman dan selalu semangat untuk berjualan. Tak kalah penting, dengan terjalinnya hubungan yang erat antar reseller, harapannya mereka bisa saling mendukung antar reseller untuk sama-sama sukses berjualan online.
Liga KORI, Strategi Teh Ratna Menjaga Semangat Bisnis Para Reseller
Teh Ratna memanfaatkan program Evermos yakni Liga KORI untuk meningkatkan penjualan bagi para reseller. Beliau akan memberikan reward dari hadiah Liga KORI kepada para reseller yang berhasil mencapai target tertentu. Upaya ini sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada para reseller agar mereka merasa diperhatikan sehingga mereka bisa konsisten berjualan. Menurut Teh Ratna, sekecil apapun reward sangat berarti untuk para reseller sehingga beliau berusaha untuk berbagi reward dari Liga Kori kepada reseller lain yang berhasil menyelesaikan tantangan dari aplikasi Evermos maupun tantangan dari Teh Ratna.
Tak hanya memberikan reward, Teh Ratna juga menerapkan aturan bahwa setiap reseller yang berhasil closing harus berbagai screenshot transaksinya untuk dijadikan bahan konten bagi reseller lainnya. Konten tersebut bertujuan untuk menarik customer agar mereka yakin bahwa usaha mereka memiliki banyak pelanggan. Dengan demikian, para reseller bisa bersama-sama memposting konten promosi dengan materi konten yang sama dalam waktu yang bersamaan. Strategi ini dinilai cukup efektif untuk menjaga semangat para reseller agar selalu konsisten untuk jualan.
Manfaat yang Dirasakan Teh Ratna, Meningkatkan Penghasilan dan Kapasitas
Menjadi reseller Evermos memberikan banyak manfaat untuk Teh Ratna. Pertama, beliau bisa meningkatkan kemampuannya dalam berbisnis apalagi ada tim Evermos yang selalu konsisten merangkul dan memberikan bimbingan melalui Nebeng Kopdar maupun acara lainnya. Teh Ratna mengungkapkan, kelebihan Evermos yakni benar-benar bisa merangkul para reseller bukan hanya KORI. Itu sebabnya, beliau merasa kehadiran Evermos sangat bermanfaat untuk banyak orang terutama yang bergabung menjadi reseller.
Manfaat lain Evermos yakni dapat membantu meningkatkan finansial bagi para reseller termasuk Teh Ratna. Adanya program cashback, voucher, diskon, maupun reward lainnya sangat membantu meningkatkan penjualan para reseller. Oleh karena itu, Teh Ratna berharap Evermos selalu memberikan program-program yang menarik dan bisa diaplikasikan untuk usaha para reseller.
Harapan Teh Ratna, Bisa Sukses Bersama Reseller Lain
Harapan membuat seseorang lebih bersemangat dalam mencapai tujuan. Begitupun dengan Teh Ratna. Beliau ingin meningkatkan kapasitasnya sehingga bisa meningkatkan penjualan. Selain itu, beliau juga ingin bisa mendampingi para reseller agar bisa sukses bersama-sama. Beliau ingin bisa memberikan contoh yang baik untuk para reseller karena beliau menyadari sebagai peran KORI sebagai leader sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anggota reseller-nya.
Teh Ratna juga mencurahkan harapannya untuk Evermos. Beliau berharap, sistem Evermos yang saat ini sudah bagus bisa bertahan. Di samping itu, beliau juga mengungkapkan pendapatnya, sebaiknya Evermos memberikan informasi terlebih dahulu semisal ada perubahan program atau kenaikan harga, karena hal tersebut berdampak terhadap penjualan para reseller. Harapan lainnya, Teh Ratna ingin Evermos menggelar acara reward untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para reseller maupun vendor yang tergabung. Dengan begitu, harapannya Evermos maupun orang-orang yang tergabung di dalamnya bisa semakin semangat untuk berbagi kebaikan dan berdampak untuk lingkungan.